Refleksi Diri

Dhimas:

Sebelumnya saya merasa tidak pernah berbuat sesuatu terhadap lingkungan, terutama dalam hal penghijauan. Semakin hari saya semakin melihat banyak sekali akibat yang timbul karena kurangnya penghijauan, sepeti pemanasan global, efek rumah kaca, dan lain sebagainya. Oleh karena itu saya mencoba melakukan kegiatan ini, yaitu melakukan penghijauan atau penanaman pohon. Setelah melakukkannya saya merasa walaupun sedikit yang telah kita lakukan, namun apabila setiap orang yang ada di bumi ini melakukan apa yang kita lakukan, maka akan terjadilah lingkungan yang hijau yang asri. Apabila di sekitar kita memiliki banyak sekali penghijauan, diharapkan efek yang timbul dari pemanasan global dan lain sebagainya akan berkurang.

 

Farrell:

Hal yang saya dapatkan dari kegiatan penanaman pohon pucuk merah di perumahan Cimone Permai adalah pembelajaran cara penanaman pohon. Kegiatan ini merupakan pertama kalinya saya menanam pohon dan setelah ini jika saya ingin menanam pohon lagi, saya akan lebih siap. Hal lain yang saya dapatkan adalah saya lebih berkeinginan melakukan hal baik untuk lingkungan bukan hanya perumahan tersebut, tetapi juga lingkungan lainnya di sekitar saya.

 

Joshua:

Setelah melakukan kegiatan penanaman saya menyadari lewat kegiatan bahwa apa yang kami lakukan akan di ingat dan di apresiasi, setiap hari kami melakukan perawatan pada pertumbuhan tanaman yg kami sudah tanam, pada saat proses tersebut sesuatu kepedulian menimbul. Kepedulian terhadap lingkungan yang pada mulanya seakan-akan sesuatu hal yang tidak perlu di pertimbangkan. Tetapi sekarang  saya mengerti bahwa apa yang kami lakukan itu bukan buat kami melainkan buat lingkungan yang akan bertumbuhan menjadi sebuah asset bagi Negara dan lingkungan.

 

Kenny:

Setelah saya melakukan proyek ini, tepatnya setelah melakukan penanaman, saya akhirnya merasa menjadi orang yang berguna. Melihat dampak positif yang dihasilkan dari pekerjaan proyek CB ini, saya berpikir untuk kedepannya saya lebih baik lagi dalam mengelola lingkungan, dimulai dari lingkungan sekitar saya terlebih dahulu. Saya juga berharap bahwa seharusnya Indonesia lebih banyak melakukan kegiatan yang seperti kami kerjakan ini, saya berpendapat bahwa apabila seluruh rakyat Indonesia melakukan kegiatan tanam-menanam pohon minimal di lingkungan sekitar mereka, niscara lingkungan menjadi asri yang menyebabkan polusi udara berkurang.

 

Rahmat:

Setelah melakukan proyek ini, saya menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, karena seperti yang kita tau sekarang ini pencemaran lingkungan sudah semakin tinggi, selain itu dari proyek ini juga saya mendapat ilmu tentang bagaimana cara menanam yang baik dan benar, juga cara merawat tanaman tersebut.

 

William:

Tanaman adalah hal terpenting yang ada di bumi ini. Tanpa adanya tanaman maka kita akan sulit melakukan pekerjaan sehari-hari. Sebab dengan tanaman kita bisa menghirup udara oksigen dari tanaman-tanaman disekitar. Kita sebagai umat-umat bangsa Indonesia yang baik patutlah menjaga kelestarian sekitarnya dengan menjaga tanaman dan sebagainya. Banyak sekali orang pada jaman ini yang merusak tanaman hanya demi kesenangan dan keuntungan mereka sendiri. Jadi kita sebagai generasi-generasi baru haruslah menjaga bumi kita ini khususnya di Indonesia agar menjadi lebih baik dan lebih indah lagi.

 

Wisnu:

Setelah melakukan penanaman, saya telah melakukan sesuatu yang benar-benar berguna dalam hal kebersihan dan kesehatan lingkungan. Dengan melakukan penanaman di tempat yang tepat, saya merasa dapat mengurangi dampak pemanasan global dan juga memperindah lingkungan. Saya merasa harus lebih baik lagi terutama dalam hal kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Comments are closed.