Pendahuluan

Latar Belakang

Kesadaran berasal dari kata sadar. Sadar itu sendiri memiliki arti tau, merasa atau ingat kepada keadaan yang sebenarnya. Kewarganegaraan memiliki pengertian keanggotaan seseorang dalam satuan tertentu, umumnya negara. Warga negara Indonesia relatif memiliki tingkat kesadaran dengan sifat kewarganegaraan Indonesia. Mereka merasa bahwa mereka tidak perlu berkontribusi banyak dalam membuat negaranya menjadi lebih baik. Hal ini perlu diperbaiki bahwa warga negara Indonesia perlu sadar bahwa mereka wajib ikut serta dalam pembalaan negara. Salah satu pembelaan negara yang dapat dilakukan adalah menciptakan lingkungan yang tertib, sehat dan aman.

Dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, lingkungan merupakan salah satu aspek yang sangat penting. Kombinasi antara kondisi fisik yang memiliki keadaan sumber daya alam seperti air, mineral, energi surya, tanah, dan lain-lainnya disebut lingkungan. Namun, faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap lingkungan dengan perubahan yang besar adalah ada manusia, hewan, dan juga tumbuhan. Tumbuhan merupakan aspek yang cukup penting dan kritis dengan keadaannya karena dibutuhkan untuk membantu kehidupan manusia maupun hewan. Kebutuhan manusia yang dipenuhi oleh tumbuh-tumbuhan ada banyak. Sebagai beberapa contoh yaitu, sebagai bahan makanan dan juga kebutuhan akan oksigen. Selain ketergantungan oleh manusia dan hewan, tumbuhan juga berperan berat dalam ekonomi. Dengan menjual produk dari tumbuh-tumbuhan, di akhir tahun 1990-an, Malaysia menghasilkan sebanyak 2,8 juta dollar AS setiap (Erik Meijaard 2006).

Oleh karena itu, kelompok kami akan mencoba untuk meningkatkan kesadaran diri kami masing-masing serta kesadaran masyarakat lainnya tentang diri kita semua sebagai masyarakat berkewarganegaraan Indonesia bahwa kita perlu membantu masalah-masalah seperti menjaga dan membuat lingkungan yang sehat dan tertib agar dapat menciptakan suatu tempat menjadi lebih indah dan tenang untuk ditempati. Kegiatan ini juga kami lakukan sesuai dengan tugas Character Building Kewarganegaraan. Dosen kami memberikan tiga pilihan untuk melakukan proyek luar kelas ini, antara lain mendaur ulang, penanaman pohon, atau mengajar di panti asuhan. Indonesia secara umum tingkat polusinya tinggi. Oleh karena itu, kelompok kami memilih penanaman pohon tepatnya di daerah Jl. Cimone Permai 1 dan pohon yang kami pilih untuk ditanam adalah Pohon Pucuk Merah.

 

Permasalahan

Tingkat polusi di Indonesia bisa dibilang tinggi. Menurut berita dari Detik pada hari Minggu 27 September 2015, bedasarkan laporan Bloomberg.com, Indonesia menempati posisi kedelapan dalam daftar 15 negara dengan tingkat polusi paling mematikan. Hal ini disebabkan karena banyak hal seperti penggunaan kendaraan bermotor yang berlebihan, pembakaran sampah dan juga kurangnya penanaman pohon. Kelompok kami berharap dapat membantu meringankan masalah ini dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar sebagai warga negara Indonesia dengan melakukan kegiatan penaman pohon sehinnga hasilnya dapat dinikmati oleh warga sekitar.

 

Rencana Kegiatan

Kegiatan yang akan dilakukan untuk meringankan masalah di atas adalah kegiatan penanaman pohon pucuk merah di Cimone Permai 1. Kegitan ini akan berlanjut terus menerus sampai pohon yang kami tanam tersebut sudah bertumbuh besar.

Comments are closed.