Hari Ke-2

April 12th, 2017 by dhimasdewanto Leave a reply »

Hari Ke-2

Hari kedua dimulai pada hari Selasa, tanggal 14 Maret 2017. Pada waktu itu kelompok kami berjanji akan berkumpul di Mal of Alam Sutera terlebih dahulu sebelum memulai penanaman. Kami berencana berkumpul jam 9 pagi. Ketika semuanya telah berkumpul, kami memeriksa perlengkapan yang ada, seperti cangkul besar, cangkul kecil, alat penyiram tanaman, pupuk kompos, dan lain sebagainya. Setelah itu kami memeriksa bibit tanaman yang akan kami tanam, mulai dari jumlah, kualitas, layu atau tidaknya, dan lain-lain. Setelah semuanya selesai kami langsung menuju ke lokasi penanaman.

Sebenarnya kelompok kami berkesempatan untuk menanam di dua lokasi yang berbeda, namun karena keterbatasan waktu, maka kami putuskan menanam di lokasi yang berada di dekat masjid terlebih dahulu. Kami memutuskan di lokasi ini terlebih dahulu karena di lokasi ini banyak sampah yang masih berserakan , sehingga sambil menanam kita juga membersihkan sampah di lokasi sekitar masjid.

Sebelum sampai di lokasi, kami meminta izin terlebih dahulu dari RT/RW setempat untuk melakukan penanaman. Setelah kami mendapatkan izin, kami langsung menuju ke lokasi. Kami memeriksa seluruh tanah yang akan kami tanami. Lalu kami membersihkan sampah di lokasi tersebut. Setelah bersih dari sampah, kami memeriksa kembali seluruh kondisi tanah, mulai dari kelembapan, kegemburan, hingga pohon di sekitar tempat lokasi penanaman kami. Setelah itu kami mulai menanam.

Kami melakukan penanaman dengan perasaan yang sangat riang dan gembira. Kami menanam tanaman satu persatu. Dimulai dari menggali lubang terlebih dahulu, memasukkan pupuk kompos ke dalam lubang tersebut, memasukkan bibit pohon pucuk merah, menutup lubang tersebut dengan tanah yang tadi kami gali, lalu memasukkan kembali pupuk kompos di atas tanah tersebut. Kami juga tidak lupa untuk menyiram tanaman tersebut satu-persatu menggunakan alat penyiram tanaman yang kami bawa dengan air yang kami ambil dari tempat wudhu di masjid. Total sekitar 12 pohon yang kami tanam.

Setelah semuanya selesai kami berterima-kasih terlebih dahulu kepada RT/RW setempat karena telah memberikan izin untuk menanam di wilayah mereka. Sebelumnya kami sempat bersih-bersih tubuh kami terlebih dahulu dikarenakan kotor karena tanah dan pupuk kompos. Setelahnya kami pulang ke rumah masing-masing.

Advertisement

Leave a Reply